ad. 2. Saksi yang benar.
Matius 26:63-66
26:63 Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak."
26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."
26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.
26:66 Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati!"
Yesus menjadi contoh saksi yang benar sekalipun harus menghadapi siksaan dan kematian.
Yesus bersaksi sebagai:
Kita sudah mempelajari satu-persatu, hari ini kita mempelajari Yesus sebagai saksi yang benar bersaksi bahwa Dia adalah Imam Besar dan Raja segala raja, sekalipun menghadapi siksaan dan kematian. Kita juga harus bersaksi bahwa Yesus adalah Imam Besar dan Raja segala raja, apapun resiko yang kita hadapi.
Praktiknya adalah kita harus menjadi imam-imam dan raja-rajaapapun resiko yang kita hadapi.
Imam adalah seorang yang memangku jabatan pelayanan. Imam adalah seorang yang beribadah melayani Tuhan.
Raja adalah kehidupan yang berkemenangan.
Mengapa disebut imam-imam dan raja-raja/imamat rajani?
Sebab Tuhan menghendaki imam-imam yang menang atas dosa, menang atas halangan dan rintangan, sehingga selalu setia dan berkobar dalam ibadah pelayanan, apapun resiko yang kita hadapi.
Imam dan raja adalah kedudukan warga kerajaan Sorga.
Jika kita hanya memiliki kedudukan jasmani di dunia, tetapi tidak memiliki kedudukan rohani, maka pasti akan terseret oleh Babel/dunia dan binasa bersama Babel.
Sebaliknya, jika kita tidak punya apa-apa di dunia, kita tidak perlu kecewa, sebab kita punya kedudukan di Sorga.
Semakin tinggi kedudukan kita di dunia, semakin riskan kita diseret oleh Babel menuju kebinasaan.
Wahyu 1:5-6
1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya —
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, — bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
Yesus menebus/melepaskan kita dari dosa-dosa oleh darahNya, sekaligus mengangkat kita menjadi imam-imam dan raja-raja sampai selama-lamanya.
Jabatan pelayanan kita adalah seharga darah Yesus yang tidak bisa dibeli dan tidak bisa ditukar dengan apapun di dunia.Jangan menukar jabatan pelayanan dengan apapun di dunia (pekerjaan, studi, anak, orang tua, dll), dan jangan tinggalkan jabatan pelayanan karena apapun juga di dunia. Meninggalkan jabatan pelayanan sama dengan menginjak-injak darah Yesus, berhutang darah yang tidak bisa dibayar dengan apapun juga.
Keluaran 29:1
29:1 "Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskan mereka, supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku: Ambillah seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan yang tidak bercela,
Syarat melayani Tuhan adalah kekudusan/kesucian.
Yohanes 15:3-4
15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
15:4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
"firman yang telah Kukatakan kepadamu"= firman yang dibukakan rahasianya, ayat menerangkan ayat dalam Alkitab.
Kita akan disucikan oleh pedang firman.Jangan sampai takut menghadapi pedang. Salomo menghadapi masalah nikah dan buah nikah (dua perempuan yang datang memperebutkan anak), tetapi semua bisa diselesaikan oleh pedang. Di mana ada pedang firman, di sana ada penyelesaian segala masalah.
Mengapa banyak orang yang lari dari pedang? Ini terjadi sebab mempertahankan dosa/kesalahan. Kehidupan semacam ini suatu saat akan lari pada dongeng-dongeng dan ajaran palsu yang hanya memuaskan keinginan telinga, sehingga disesatkan.
Ukuran dari firman adalah hati damai, yaitu jika kita dilepaskan dari dosa.
Supaya kita hidup dalam kesucian, maka ranting harus melekat pada pokok anggur yang benar, artinya:
Allah Tritunggal menyucikan tubuh, jiwa, roh kita.
Amsal 7:1-3
7:1 Hai anakku, berpeganglah pada perkataanku, dan simpanlah perintahku dalam hatimu.
7:2 Berpeganglah pada perintahku, dan engkau akan hidup; simpanlah ajaranku seperti biji matamu.
7:3 Tambatkanlah semuanya itu pada jarimu, dan tulislah itu pada loh hatimu.
Firman pengajaran yang dimengerti, diyakini, dan dipraktekkan (ditambatkan di dahi, hati, dan tangan) adalah bagaikan biji mata.
Kalau kehidupan kita mengerti, yakin, dan praktek firman, maka kita menjadi biji mata Tuhan sendiri.Kita akan dipelihara dan dilindungi oleh Tuhan. Tuhan yang akan menata dengan rapi dan menghiasi kehidupan kita, masa depan kita.
Pelayanan tanpa penyucian, pelayanan tanpa pengajaran yang benar = tanpa biji mata = buta seperti Bartimeus.
Markus 10:46
10:46 Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerikho. Dan ketika Yesus keluar dari Yerikho, bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan.
Ciri-ciri pelayanan yang buta:
Akibat buta adalah sengsara, tidak indah hidupnya, membabi buta, sampai masuk kegelapan yang paling gelap.
Yesus tidak rela jika pelayan-pelayannya buta dan binasa. Oleh sebab itu, Yesus lewat di tempat Bartimeus duduk, di tempat kita duduk. Ini adalah suatu kemurahan Tuhan.
Di mana firman pengajaran yang benar diberitakan, di situ Yesus sedang lewat = kemurahan Tuhan dan keuntungan besar bagi kita.
Biar kita jujur, maka mujizat terjadi, sampai mujizat terakhir kita diubahkan menjadi sama mulia dengan Tuhan saat kedatanganNya kedua kali.
Tuhan memberkati.